15 Manfaat Alami Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Beberapa Manfaat Buah Apel

1. Menurunkan Kolesterol
Buah apel kaya akan kandungan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut, berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan melebihi penyerapan kadar kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Apel memiliki kandungan Anti-oksidan yaitu flavoid dan quercetin, terutama apel merah. quercetin akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu membangun tameng alami dari virus.

3. Mencegah Kanker
Hasil dari penelitian bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dapat buah apel dapat membantu menurunkan resiko kanker pankreas sampai 25%. Karena buah apel juga memiliki banyak kandungan serat ( 5g ) dalam buah apel berukuran sedang, dapat berfungsi mencegah timbulnya kanker kolorektal. yaitu Cukup mengkonsumsi apel secara rutin setiap hari nya, akan dapat mencegah penyakit kanker pada tubuh kita.

4. Mengendalikan Gula Darah/ Diabetes
Tinginya kandungan serat larut dan pektin dalam buah apel memiliki peran penting sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh, dengan mengangkut gula kedalam aliran darah pada siklus lebih lambat. Hal ini lah yang menyebabkan kita akan terhindar dari diabetes


5. Mengobati Asma
Kandungan fitokimia dan polifenol membantu untuk mengurangi dan menyembuhkan asma secara perlahan.

6. Mencegah Batu Empedu
Batu empedu terbentuk akibat didalam empedu menyimpan terlalu banyak kolesterol, kemudian mengalami pengerasan. Hal ini sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan.

7. Mengeluarkan Racun
Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, selalu menyisakan sedikit racun dalam hati. Apabila di biarkan akan menumpuk dan berakibat merusak fungsi hati, bahkan bisa menjalar ke organ lain dalam tubuh. salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah yang tinggi akan kandungan vitamin, serat dan mineral seperti buah apel. Untuk membantu menetralisir racun dalam hati anda.

8. Mencegah Katarak
Buah apel memiliki kandungan anti-oksidan, yang berfungsi memperkecil kemungkinan kerusakan mata, seperti katarak sebanyak 15 - 20 %

9. Mencegah Wasir
Wasir bukan lah jenis penyakit yang mematikan seperti hal nya tumor atau pun kanker, tapi kehadirannya akan menggangu aktivitas anda sehari-hari. Untuk mengurangi resiko wasir, anda dapat mengkonsumsi buah apel secara rutin, karena apel kaya akan kandunga serat.

10. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat dan rendah kalori yang terdapat dalam buah apel, jika dikonsumsi akan menghasilkan efek penunda lapar. Dengan demikian mengkonsumsi secara rutin buah apel berpotensi terhadap penurunan berat badan dan membakar lemak.

11. Mencegah Kanker Kulit
Apel kaya akan kandungan vitamin A, yang menurut dokter mengurangi resiko terhadap kanker kulit. Dengan demikian dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin kulit akan terjaga kesehatan nya.

12. Memutihkan Gigi
Menggigit buah apel sama seperti menggosok gigi menggunakan sikat, karena meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mengurangi resiko kerusakan pada gigi.

13. Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak
Apel bisa juga berfungsi sebagai pencegah timbulnya jerawat, yaitu dengan cara : tumbuk halus buah apel kemudian campurkancuka sari apel lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 20 - 40 menit, setelah mengering bilas dengan air bersih.

14. Mengangkat Kotoran Yang Menempel Pada Kulit
Aktifitas yang kita lakukan setiap hari sering kali meninggalkan kotoran debu atau polusi udara yang menempel pada kulit. Salah satu cara menghilangkan nya adalah dengan buah apel, yaitu dengan cara buah apel di masukkan ke lemari pendingin selama 1 jam atau 2 jam, kemudian haluskan dan balurkan keseluruh tubuh terutama wajah. Lakukan secara rutin maka akan anda dapat kan kulit yang halus dan cerah.

15. Melindungi dari Sinar Matahari
Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan terbakarnya kulit yaitu kulit akan tampak kusam, kering bahkan kulit mengalami pengelupasan. Metode ini cocok bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan sering kali terpapar oleh sinar matahari. Dengan cara haluskan buah apel kemudian campur dengan teh gliserin, lalu oleskan adonan tersebut keselurauh tubuh terutama wajah, dan biarkan selama 20menit dapat memberikan perlindungan pada kulit anda dari sinar UV

Demikianlah artikel tentang manfaat alami buah apel, semoga bermanfaat dan bisa buat referensi hidup sehat buat anda. selamat mencoba, sekian dan terima kasih.

Read more :

0 Response to "15 Manfaat Alami Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar