5 Dampak Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Headset


Seiring perkembangan teknologi, tren baru untuk mendengarkan music juga ikut berkembang. Yaitu dengan menikmati music melalui headset, kita akan mendapatkan sensasi mendengarkan music dengan efek sound dan kualitas suara yang maximal. Dan kita bisa menikmati music ataupun video tanpa menggangu orang lain disekitar kita.
Dampak Bahaya Menggunakan Headset

Tapi sayang nya terlalu sering mendengarkan music atau video menggunakan headset dengan volume yang cukup keras memiliki dampak buruk bagi pendengaran kita. Headset adalah alat bantu pendengaran music yang memliki tingkat kebisingan yang hampir sama dengan yang ditimbulkan oleh mesin pesawat jet, oleh sebab itu wajar jika headset di gunakan secara terus menerus bisa menimbulkan dampak buruk bagi pendengaran kita.

Dampak Bahaya Memakai Headset

1. Kerusakan Pada Pendengaran
Jika kita terlalu sering mendengarkan melalui headset dengan volume yang sangat tinggi, hal ini dapat memicu kerusakan permanen pada pendengaran kita. Hal ini bisa terjadi apabila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara yang sangat keras dari headset. Ini biasa nya sering terjadi pada mereka yang masih remaja. 

2. Kerusakan Pada Otak
Headset menghasilkan gelombang elektromagnetik, menurut penelitian hal ini dapat berpengaruh pada otak. Namun hingga saat ini belum di ketahui secara jelas seberapa besar efek gelombang elektromagnetik pada kinerja otak manusia. Tapi kita harus di waspada, jangan mendengarkan melalui headset terlalu sering dengan volume yang sangat keras.

3. Telinga Akan kelelahan
Terlalu sering menggunakan headset akan membuat telinga kita lelah, hal ini disebabkan karena telinga terlalu banyak menerima stimulasi dari suara secara terus menerus. Hal ini berdampak telinga kita akan terasa tidak nyaman dan sesaat daya pendengaran kita akan menurun. Dan jika hal ini di biarkan secara terus menerus tentunya akan membahaya kan pendengaran kita.

4. Salah Satu Penyebab Kecelakaan
Hal ini biasa nya sering terjadi pada orang yang sedang mengendarai motor sambil mendengarkan headset dengan suara keras. Sehingga tidak bisa mendengarkan suara sekitar dan cenderung mengabaikan situsi jalan raya. Hal ini sering kali menyebabkan kecelakaan dijalan raya.

5. Infeksi Telinga
Salah satu resiko menggunakan headset adalah terjadinya infeksi pada telinga. Hal ini bisa terjadi jika headset di pakai secara bergantian. Karena bakteri/ kuman dari telinga orang lain dapat dengan mudah berpindah ke telinga anda.  

Demikianlah sedikit informasi tentang dampak bahaya terlalu sering menggunakan headset. semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.
( Baca Juga : Cara Termudah Mendapatkan Uang Melalui Internet Bagi Pemula )

0 Response to "5 Dampak Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Headset "

Posting Komentar