6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa yang Terbukti Berhasil


Lupa adalah suatu hal yang semua orang pasti mengalami nya, dari anak muda sampai tua. Tapi tentunya daya ingat yang dimiliki oleh anak muda masih lebih kuat dari pada orang yang sudah lanjut usia. Bagi orang yang sudah berusia lanjut wajar jika mereka sering lupa atau bahkan pikun. Sebab seiring bertambah nya usia tingkat daya ingat juga ikut menurun.
Melatih Daya Ingat Otak
Tapi bagaimana jika seseorang yang masih muda tapi sering sekali lupa. Usia muda adalah usia produktif yang seharus nya daya ingat kita masih kuat dan tidak mudah lupa. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi pada diri kita, terutama bagi kalian yang masih usia sekolah. Berikut ini adalah beberapa cara agar kita tidak mudah lupa.

Cara Untuk Tidak Mudah Lupa

  • Konsumsi Makanan Bergizi
Mengkonsumsi aneka jenis sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat untuk menutrisi otak anda. Seperti pisang, blueberry, bawang merah dan brokoli. Keempat makanan tersebut sangat bermanfaat untuk menutrisi otak sehingga ingatan anda semakin kuat dan di usia tua terhindar dari resiko pikun.

  • Membaca Buku
Aktivitas membaca dapat mengurangi ketegangan dan stress ( pembuluh sel otak ). Membaca adalah cara yang bagus untuk merangsang imajinasi anda, menurut penelitian menggunakan imajinasi adalah cara yang sangat bagus untuk melatih otak. Sebab anda memaksa pikiran anda untuk "menggambar" pada apa yang anda bayangkan.

  • Lakukan Hal Baru
Melakukan sesuatu yang baru akan dapat merangsang otak anda dan menambah daya ingat anda. Hal ini disebabkan terciptanya jalur saraf yang baru dan pada akhir nya akan meningkatkan daya ingat anda. Lakukan hal yang belum pernah anda lakukan. Misal nya dengan mengunjungai tempat yang baru, mencoba rmemasak dengan resep masakan yang belum pernah anda coba sebelumnya dll.

  • Selalu Berfikir Positif
Berfikir terlalu keras, stress dan terlalu cemas terhadap sesuatu akan membunuh neuron otak yang ada dan akan menghentikan pembentukan neuron yang baru. Usahakan selalu berfikir positif dan hindari stress.

  • Minum Air Putih
Minumlah air putih secara teratur ( 2lt / 8 gelas air putih sehari ). Sebab air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan otak. Konsumsi air putih  membantu organ tubuh bekerja secara maksimal, dalam hal ini kinerja otak kita juga akan berfungsi secara maksimal.

  • Rutin Berolahraga
Berolahraga secara teratur akan membantu meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan neurogenesisi. Hal ini disebabkan dengan rutin berolahraga akan membentuk sel-sel baru di otak. Sehingga daya ingat anda semakin kuat.


Itulah sedikit tips tentang melatih otak untuk meningkatkan daya ingat kita. Semoga bermanfaat dan bisa sebagai referensi untuk lebih meningkatkan daya ingat anda.
( Baca juga : Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami )

0 Response to "6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa yang Terbukti Berhasil"

Posting Komentar