6 Cara Meningkatkan Kinerja Android yang Terbukti Berhasil


Teknologi - Ponsel smartphone berbasis android memang sedang populer saat ini. Seiring berjalannya waktu dan tingkat pemakaian, kinerja dari android akan cenderung menurun/ lemot. Tapi kebanyakan orang tidak mengetahui penyebab menurunnya kinerja dari ponse android nya. Bagi anda yang sekarang bermasalah dengan smartpone nya, mungkin bertanya-tanya, apa sebab nya ?. Pernahkah anda memonitor penggunaan RAM smartphone anda, dan di situ anda merasa heran sebab penggunaan RAM yang begitu besar padahal anda tidak membuka aplikasi apapun.
Teknologi Android
Apabila sekarang anda menggunakan aplikasi widget, di situ anda akan melihat penggunaan RAM yang begitu besar meskipun anda tidak membuka aplikasi apapun. Mungkin yang jadi pertanyaan apakah hal ini normal ??Ya, OS Android memang menggunakan banyak resource RAM yaitu mencapai 50%. Hal ini lah penyebab menurunnya kinerja smartphone anda, apabila RAM yang di gunakan sudah mencapai batas maximal maka kinerja smartphone akan menurun/ lemot.

6 Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone Android

1. Instal Aplikasi Yang Berguna
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload beberapa aplikasi yang berguna untuk meningkatkan kinerja smartphone android anda. Anda dapat mendownload dengan mudah dan gratis yaitu masuk ke google play store. Berikut adalah aplikasi yang direkomendasikan
  • Clean Master > Yaitu aplikasi pembersih chace terbaik dan yang paling banyak di download di google playstore. Disitu terdapat berbagai fitur lain diantara nya membersihkan file-file sampah yang menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphone.
  • Start Up Manager > Yaitu berfungsi menghentikan sejumlah aplikasi yang berjalan otomatis saat Hp di nyalakan
  • DU Speed Booster > Yaitu berfungsi membersihkan smartphone dari chace dan file yang tidak berguna. Fungsi nya sama dengan clean master.

2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai
Banyaknya aplikasi yang ada pada ponsel kita sangat mempengaruhi kinerja smartphone android kita, meskipun aplikasi itu tidak kita pakai. Untuk meningkatkan kinerja android sebaiknya matikan beberapa aplikasi yang tidak penting. Tapi fitur ini hanya tersedia di Android 4.0 ke atas, yaitu dengan cara : masuk ke setting > Apps/ Application Manager dan swipe ke tab ''All". Disitu terdapat beberapa pilihan sistem aplikasi yang ingin anda matikan. Anda juga bisa mematikan aplikasi yang tidak penting dengan menggunakan clean master.

3. Kurangi Widget dan Matikan Live Wallpaper
Live wallpaper dan pemasangan widget yang terlalu banyak berdampak melambatnya kinerja smartphone. Sebaik nya gunakan wallpaper statis dan hapus widget yang tidak terlalu penting.

4. Up Date Firmware
Firmware berfungsi memperbaiki beberapa bug, lag dan masalah lain yang mungkin tidak anda sadari. Isu tersebut muncul dengan frekuensi wajar, dengan demikian memperbarui firmware secara tertur smartphone anda akan selalu memiliki kinerja yang baik. 

5. Matikan Fitur Animasi
Fitur animasi sebenarnya tidak memiliki fungsi yang signifikan pada smartphone, yaitu hanya mempercantik transisi grafis antara menu dan lokasi antarmuka lainnya. Dan tanpa anda sadari hal ini menjadi salah satu faktor melambat nya kinerja smartphone anda.

6. Factory Reset
Ini adalah alternatif terakhir, sebab factory reset berdampak pada hilangnya semua data dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal, dan kondisi Hp seperti baru lagi. Factory reset adalah mengembalikan software smartphone ke kondisi semula. Berikut ini cara factory reset : Setting > Prifacy > Factory data Reset atau bisa juga dengan tekan *2767*3855#.  

Demikian lah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja smartphone android anda. Semoga bermanfaat
( Baca juga : Cara Termudah Menghasilkan Uang Melalui Internet )

0 Response to "6 Cara Meningkatkan Kinerja Android yang Terbukti Berhasil"

Posting Komentar