Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Dunia Kerja
Seseorang sebelum memasuki tahapan ke dunia kerja, biasanya seseorang memulai dengan membuat surat lamaran kerja. Baik itu Perusahaan, Bank, CPNS atau pekerjaan apapun biasanya tetap memerlukan lamaran kerja. Yang berfungsi untuk mengetahui rekam jejak dari si pencari kerja.
Jadi surat lamaran haruslah baik dan benar, sebab disini lah tahapan pertama sebelum kita memasuki tahapan berikutnya untuk bekerja di perusahaan yang kita tuju tersebut. Surat lamaran yang baik dan benar adalah yang tidak bertele-tele, tulisan rapi dan menarik.
Berikut ini akan saya berikan tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja  
Pada dasar nya surat lamaran kerja berisikan 3 bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup. Tapi inilah Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam penulisannya agar terlihat rapi, baik dan benar.
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa yang sopan jangan gunakan bahasa gaul
  • Susun kalimat surat lamaran kerja yang baik dan benar
  • Tulislah dengan manual, sebab kebanyakan Perusahaan sekarang lebih menyukai lamaran kerja dengan tulisan tangan sebab dari situlah perusahaan akan mengetahui kepribadian seseorang.
  • Siapkan persyaratan pribadi seperti ijazah, transkrip nilai dll. dan lengkapi juga persyaratan dari perusahaan
  • Lampirkan sertikfikat pendukung lainnya
Contoh Surat Lamaran

Kepada Yth
Bapak/ Ibu Personalia
PT. Mansurin 354
Jl. Perjuangan No 31
Kediri - Jatim

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama  : Aris                   
Tempat/ Tgl. lahir  : Kediri, 08 Juny 1989
Pendidikan Terakhir  : SMK
Alamat  : Jl. Mawar Merah No 45
No Tlp  : 081-987-654-132
Status  : Lajang

Dengan datang nya surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk bekerja di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin. Bermaksud untuk menindak lanjuti informasi lowongan kerja di PT. Mansurin 354. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksud disini adalah bagian Marketing. Untuk sekira nya agar saya diterima bekerja di Perusahaan ini.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto Copy Sertifikat Kursus
5. Pas Foto 3 x 4 Terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/ Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan secara rinci tentang potensi yang saya miliki untuk kemajuan perusahaan Bapak/ Ibu.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak/ Ibu Personalia.

Hormat Saya



    Aris

Demikianlah artilkel tentang Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi kalian yang sedang mencari kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses
( Baca juga : Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Contoh Jawabannya )

0 Response to "Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"

Posting Komentar