9 Penyebab Datang nya Penyakit Jantung Dadakan


Kesehatan – Sakit jantung adalah penyebab tertinggi angka kematian di Indonesia. Ini di sebabkan masyarakat kita belum sepenuh nya mengetahui hal-hal yang menyebabkan penyakit jantung. Tapi ada juga yang mengidap penyakit jantung dikarenakan faktor genetik/ keturunan. Tapi kebanyakan dari pengidap penyakit jantung adalah mereka yang menerapkan pola hidup yang tidak sehatdan beberapa faktor penyebab penyakit jantung. Dibawah ini adalah penjelasan tentang faktor penyebab penyakit jantung.

Kesehatan

Beberapa Faktor Penyebab Penyakit Jantung

1. Faktor Genetik/ Keturunan
Beberapa penelitian menyebutkan penyakit jantung bisa dari faktor keturunan. Yaitu bagi mereka yang terdapat riwayat mengidap penyakit jantung, maka keturunan mereka akan akan lebih cenderung mengembangkan problem yang serupa yaitu penyakit jantung.

2. Faktor Usia dan Jenis Kelamin
Wanita dibawah usia 50 tahun memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah jika di bandingkan pria di kelompok usia yang sama. Tapi setelah memasuki masa manopouse, perempuan lebih beresiko karena penurunan hormon estrogen yang bersifat melindungi.

3. Faktor Perokok Pasif ataupun Aktif
Penyebab penyakit jantung yang paling tinggi adalah rokok. Sebab rokok mengandung zat beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Perokok pasif juga beresiko mengidap penyakit jantung, sebab meskipun mereka tidak merokok tapi mereka juga menghirup asap rokok. Untuk stabil nya sistem kerja jantung direkomendasikan mulai sekarang juga kurangi/ berhentilah merokok. ( Cara berhenti merokok yang terbukti berhasil )

4. Faktor Penyakit Kencing Manis ( Diabetes )
Bagi seseorang yang mengidap penyakit diabetes beresiko mengalami penyakit jantung akibat komplikasi. Jadi para penderita kencing manis harus sangat memperhatikan kesehatan mereka, dan menjauhi segala larangan yang dianjurkan oleh dokter. 

5. Kurang Berolahraga
Orang yang kurang berolahraga memiliki resiko terkena penyakit jantung yang tinggi. Sebab didalam tubuh terdapat zat beracun akibat makanan yang kita konsumsi, dan kita tidak mengimbanginya dengan berolahraga. Sebab dengan berolahraga racun dalam tubuh akan keluar melalui keringat yang keluar dari tubuh saat kita aktivitas berolahraga. Dalam sehari di anjurkan berolah raga 5 – 10 menit. Olahraga secara teratur berfungsi meningkatkan kemampuan sistem kerja jantung dan menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. 

6. Faktor Tekanan Darah Tinggi
Tanpa disadari tekanan darah tinggi yang berlangsung lama dapat memicu datangnya penyakit jantung. Tekanan darah/ hypertensi dapat melukai dinding arteri  dan memungkinkan kolesterol jahat ( LDL ) memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

7. Emosi Berlebihan/ Stress
Strees menimbulkan dampak penyempitan arteri dan ini menurunkan aliran darah. Dalam penelitian menyebutkan bahwa stress berat dapat berakibat pecahnya dinding arteri yang beresiko serangan penyakit jantung. Mengontrol emosi adalah salah satu cara terbaik menghindari serangan penyakit jantung.

8. Faktor Obesitas ( Kegemukan )
Kelebihan berat badan menungkaatkan tekanan darah tinggi dan kelebihan jumlah lemak dalam tubuh. Obesitas/ kelebihan berat badan beresiko terkena diabetes. Diabetes meningkatkan resiko penyakit jantung koroner

9. Alkohol 
Alkohol memiliki kandungan zat seperti asetaldehida yang dapat mempengaruhi mitokondria yang dapat memicu kegagalan fungsi sistem kerja jantung terhadap proses metabolisme tubuh secara langsung. Terutama mempengaruhi proses pembentukan protein yang berdampak pada menurunnya kinerja jantung. Dan akibat nya jantung tidak bisa memompa darah yang cukup untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Kondisi seperti ini di sebut jantung lemah.
Demikian lah sedikit ulasan tentang 9 Penyebab Datangnya Penyakit Jantung Dadakan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa sebagai referensi pola hidup sehat bagi anda. Sekian dan terimakasih !!!

0 Response to "9 Penyebab Datang nya Penyakit Jantung Dadakan"

Posting Komentar