Dampak Bahaya Terlalu Sering Minum Air Dingin/ Es Bagi Kesehatan Tubuh


Pasti akan sangat nikmat sekali jika dalam kondisi cuaca yang terik dan panas sampai ke ubun-ubun, kita langsung memanjakan diri dengan minum air dingin/ air es. Tapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan yaa sobat, sebab di balik nikmatnya minum air dingin ternyata ada bahaya dan dampak buruk bagi kesehatan kita. Terlalu sering minum air dingin, dampak bahaya yang ditimbulkan memang tidaklah sekaligus, tapi akan sangat beresiko bagi kesehatan kita kedepannya.
Dampak Bahaya Terlalu Sering Minum Air Dingin/ Es

Berikut Ini Beberapa Bahaya Terlalu Sering Minum Air  Dingin

1. Detak Jantung Menjadi Pelan
Masalah kesehatan akibat sering minum air es yang pertama adalah bisa membuat detak jantung menjadi pelan dari pada biasanya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus, saraf ini sangat penting untuk mengontrol aktifitas detak jantung. Kinerja saraf ini akan terganggu saat tubuh kemasukan air dingin/ Es, sehingga menyebabkan detak jantung menjadi pelan.

2. Memicu Radang Tenggorokan
Minuman yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Hal ini tentu akan berdampak pada saluran tenggorokan lebih rentan infeksi dan radang.

3. Mengakibatkan Pusing
Biasanya rasa pusing disebabkan terlalu keras dalam berfikir ataupun dampak dari darah rendah, tapi sebenarnya rasa pusing bisa diakibatkan terlalu sering minum air dingin/ Es. Ketika metabolisme tubuh terganggu, sistem saraf pun tidak siap menerima respon perubahan suhu dalam waktu singkat. Serta organ tubuh yang membutuhkan oksigen dan zat penting lainnya secara cepat berkurang suplainya. Begitu juga saraf dalam otak tidak bisa beradaptasi dengan cepat, akibatnya kita akan merasa pusing sebab suplai darah ke otak berkurang.

4. Memperlambat Pencernaan
Kebiasaan minum air dingin/ Es setelah makan bisa menyebabkan usus menyempit. Hal ini disebabkan suhu dingin di air yang kita minum bisa membekukan makanan berminyak yang telah kita konsumsi, sehingga berdampak melambatnya proses pencernaan.

5. Jangan Minun Air Es Setelah Olahraga
Pada saat kita berolahraga, suhu dalam tubuh akan lebih meningkat dari suhu normal. Sementara dalam tubuh sedang terjadi proses pembakaran lemak. Ketika air es masuk ke tubuh maka akan terjadi perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba, yang mengakibatkan terganggunya proses metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian pembuluh darah akan menyempit, aliran darah menjadi tidak lancar, dan beresiko pengejangan pada otot tubuh sehingga terjadi kram di perut. Jika hal ini terjadi pada otot jantung maka proses pemompaan dan sirkulasi darah akan terganggu. 

Keterangan :  5 Hal diatas adalah warning bagi kita, bukan berarti diharamkan untuk minum air dingin/ Es ya sobat. Akan tetapi beberapa dampak bahaya diatas akan berpotensi menyerang tubuh kita, jika kita terlalu sering/ kebiasaan selalu minum air dingin/ Es. Kalau pun anda harus minum air dingin/ Es, sebaiknya minumlah air yang tidak terlalu dingin dengan kadar yang secukupnya saja.

Itulah 5 dampak bahaya bagi kesehatan tubuh jika kita terlalu sering minum air dingin/ Es, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pola hifup sehat bagi anda. Terimakasih.
( Baca juga : Cara Menarik Datangnya Rizky Melimpah yang Terbukti Berhasil )

0 Response to "Dampak Bahaya Terlalu Sering Minum Air Dingin/ Es Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar