6 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Puasa


Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Sebab bulan Ramadhan memiliki keistimewaan di banding bulan lain selain bulan ramadhan, bulan yang penuh ampunan dan semua amalan di lipat gandakan oleh Alloh. Di bulan ramadhan umat muslim di wajib kan untuk berpuasa oleh Alloh, kita harus menahan rasa lapar dan dahaga disiang hari selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan. 

Dalam memasuki bulan Ramadhan tentunya pola makan kita akan berubah dan tidak seperti biasanya. Sebab kita harus menahan lapar dan dahaga sepanjang hari, dan dengan perubahan pola makan tersebut kondisi fisik juga akan berubah. Biasa nya kita aka merasa lemas, lesu dan kurang bersemangat dalam beraktifitas. Berikut ini adalah beberapa tips supaya tetap fit dalam keadaan puasa.


Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa 

1. Atur Pola Makan
Konsumsilah makanan anda dengan porsi yang standart dan sewajarnya ( jangan berlebihan ). Konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan serat, protein dan karbohidrat komplex dan lengkapi dengan buah dan sayur. Dan makan lah makanan yang kaya akan kandungan air sebab hal ini sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

2. Cek Menu Saat Sahur
Meskipun anda kuat menjalankan puasa tanpa sahur, usahakan selalu sahur. Sebab dengan mengkonsumsi sahur akan membantu tubuh kita agar tetap sehat dan bugar seharian selama menjalan kan ibadah puasa. Konsumsilah makanan secukup nya dan perbanyak minum air putih.

3. Jangan Berlebihan Saat Berbuka Puasa
Ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa, jangan langsung meminum air dingin/ es. Sebab hal ini akan mengakibatkan tubuh kita lemas, sebaik nya konsumsi dulu air hangat secukupnya kemudian baru minum air es. Buka puasa dengan menu secukupnya, jangan berlebihan dan perbanyaklah minum air putih.

4. Kurangi Makanan Pedas dan Gorengan
Bagi anda pecinta makanan pedas alangkah baik nya jika selama puasa anda pengurangi porsi sambal saat makan. Sebab makanan yang digoreng dan sambal menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.

5. Hindari Minuman Tidak Sehat
Hindari minuman yang tidak sehat seperti kopi atau minuman bersoda. Perbanyaklah minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan agar tubuh tetap terhidrasi. 
( Baca juga : Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh

6. Tidur Malam Yang Cukup
Hindari untuk begadang yang tidak sehat, hal ini untuk menjaga kesehatan tubuh kita supaya mendapatkan cukup tidur selama menjalankan ibadah puasa. 

Itulah sedikit tips untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba dan terimakasih telah berkunjung ke blog arisaulia. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
( Baca juga : 9 Cara Menarik Datangnya Rizki Melimpah yang Terbukti Berhasil )

1 Response to "6 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Menjalankan Puasa"

  1. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IGpoker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus