9 Manfaat Alami Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Mangga
Mangga adalah jenis tumbuhan yang tumbuh sebur di wilayah ber iklim tropis. Paling banyak di Indonesia, tapi sekarang sudah banyak dibudidaya kan di negara negara lain. Mangga kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu mangga juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Mangga

  • 1 g protein
  • 0.5 g lemak
  • 25 g karbohidrat
  • 100 kalori
  • Vitamin C, B-6, K
  • Potasium
  • Kalsium
  • Zatbesi serta anti-oksidan
  • Beta karoten

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

1. Mencegah Diebetes
Buah mangga memiliki index glekemik yang rendah ( 30-50 ), sehingga mengkonsumi dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula dalm tubuh. Bagi penderita diabetes, daun mangga bisa juga di gunakan sebagai pengobatan tradisional yaitu dengan cara rebus daun mangga 6-7 daun. Rebus hingga mendidih kemudian diamkan hingga semalam, pagi hari nya saring air nya kemudian diminum.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Mangga mengandung vitamin, kalium dan serat, yang kesemuanya berfungsi melindungi tubuh dari penyakit jantung.

3. Pencegah Kanker
Senyawa anti-oksidan dalam buah mangga berfungsi untuk melindungi usus besar, payudara dan kanker prostat.

4. Menyehatkan Tulang
Kandungan vitamin K yang terdapat dalam mangga meningkatkan kekuatan tulang, kelsium pada tulang berfungsi menguatkan tulang tulang dan mengurangi resiko osteoporosis

5. Membantu Pencernaan
Mangga memiliki kandungan enzim yang berfungsi membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita konsumsi. Dan kandungan serat pada mangga berfungsi membantu sistem pencernaan dalam  tubuh.

 
6. Menyehatkan Mata
Mangga memiliki kandungan vitamin A, hal ini mampu mencegah dari berbagai macam sakit mata seperti rabun senja dan gatal pada mata.

7. Menjaga Kadar Kolesterol
Mangga kaya akan kandungan vitamin C, setara dengan vit C pada jambu biji. dan juga memiliki kandungan pektin dan serat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

8. Mencegah Asma
Mengkonsumsi mangga secara rutin, berfungsi mengurangi resiko penyakit asma. Karena mangga memiliki kandungan betakaroten.

9. Zat Besi Untuk Wanita
Kandungan zat besi yang terdapat dalam buah mangga, baik untuk terapi penyembuhan penyakit asma. Zat besi pada buah mangga baik untuk wanita yang sedang hamil dan yang memasuki masa manopause.

Resiko Kesehatan pada Buah Mangga
Selain memiliki banyak manfaat, ternyata mangga juga memiliki resiko jika di konsumsi terlalu berlebihan, sebab buah mangga memiliki kandungan potasium yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita gangguan ginjal dan berakibat ginjal tidak akan berfungsi dengan baik.
Untuk memperoleh manfaat buah mangga, sebaik nya mangga dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Baca juga
Beberapa Manfaat Luar Biasa Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Tips Hidup Sehat Bugar Setiap Hari 

0 Response to "9 Manfaat Alami Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar