Manfaat Buah Belimbing Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami


Belimbing adalah buah yang berasal dari wilayah beriklim tropis. Seperti diIndonesia, buah ini sangat mudah di jumpai. Buah yang berbentuk unik ini, memiliki warna kekuningan bila sudah kondisi matang dan buah nya memiliki rasa manis. Belimbing kaya akan kandungan air, jadi buah ini menawarkan rasa manis yang menyegarkan. Sebab itulah buah belimbing banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, dengan kandungan yang ada didalam nya ternyata buah ini memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi Buah Belimbing
  • Kalori 
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin ( Vit A, B kompleks dan Vit C )
  • Mineral
  • Kalsium
  • kalium

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan
Belimbing memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi, seperti anti-oksidan vitamin C. 100 g buah belimbing, menyediakan 31 kalori lebih rendah dari pada buah-buahan lain nya.

1. Mencegah Kanker
Belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bik untuk tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing berfungsi mencegah segala jenis gejala kanker. Vitamin C adalah anti-oksidan alami yang kuat. Vit C yang terdapat dalam buah belimbing berfungsi juga membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti-inflamasi bagi tubuh.

2. Menyehatkan Pencernaan
Buah belimbing memiliki kandungan serat alami. Serat yang terdapat dalam buah belimbing berfungsi membantu sistem pencernaan tubuh, menjadikan nya lebih sehat dan terhindar dari resiko gejala kanker usus.

3. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Buah belimbing memiliki kandungan sejumlah elektrolit dan mineral seperti fosfor, kalium, seng dan zat besi. Kalium adalah komponen yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, yang berfungsi menmbentu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian akan meminimalisir pengaruh buruk dari sodium.

4. Menyembuhkan Hypertensi
Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah belimbing berfungsi untuk menyermbuhkan hipertensi, yaitu dengan cara teratur mengkonsumsi buah belimbing.

5. Kaya Anti-oksidan
Buah belimbing kaya akan kandungan anti-oksidan seperti flavonoid polifenol. Total polifenol dalam 1 buah belimbing adalah 45 mg / 100 g. Senyawa ini berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Mengatasi Gangguan Ginjal
Buah belimbing bisa juga digunakan terapi bagi penderita gangguan ginjal. Sebab buah belimbing memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat, yang biasa disebut juga senyawa anti nutrisi. Seperti gangguan penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti magnesium dan kalsium.

7. Mengikis Kadar Kolesterol Jahat
Buah belimbing mengandung zat pektin yang berfungsi mengikis kadar kolesterol dalam darah. Pektin mengikat dan membuang asam empedu pada sekresi nya. Dengan demikian hal ini sangat lah baik bagi penderita diabetes.

Berbagai manfaat dalam buah belimbing bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin, secukup nya dan tidak berlebihan. Demikian lah beberapa manfaat buah belimbing yang bisa kami bagikan. Semoga bisa jadi referensi pola hidup sehat anda, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Jangan Ketinggalan, baca juga :
Manfaat luar biasa buah-buahan di Indonesia
Cara mendapatkan uang dari Internet

0 Response to "Manfaat Buah Belimbing Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami"

Posting Komentar