Manfaat Buah Durian, dan Beberapa Resiko Jika dikonsumsi Secara Berlebihan


Buah durian adalah buah paling digemari di Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan buah yang memiliki bau yang menyengat dan berkulit tajam ini. Di balik tajam nya kulit tersimpan kelezatan yang luar biasa pada daging buah nya. Selain nikmat Buah ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat buat tubuh. Tapi ternyata buah durian juga mempunyai resiko kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Tapi fakta ini tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Berikut Resiko Mengkonsumsi Durian Terlalu Berlebihan  

1. Penyebab Diabetes
Durian kaya akan kandungan glukosa, apabila terlalu berlebihan di konsumsi memicu naik nya gula darah dalam tubuh, sehingga memperbesar resiko terkena diabetes. Bagi penderita diabetes tidak boleh memakan durian lebih dari 3 biji. Selain menaikan kadar gula darah dalam tubuh, juga beresiko menyebab kan kematian akibat kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi

2. Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Mengkonsumsi durian secara berlebihan menyebabkan kolesterol naik, dan bagi orang yang pernah memiliki kolesterol sebaik nya jangan mengkonsumsi secara berlebihan dan alangkah baiknya tidak mengkonsumsi nya. Jika kolesterol dalam tubuh naik akan memicu datang nya penyakit lain, seperti asam urat. Jika tubuh mengalami asam urat dan kolesterol tinggi maka berpotensi mengalami komplikasi.

3. Menyebabkan Kematian Pada Janin
Durian memiliki efek panas didalam perut. Dan kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah durian. Durian tidak di larang dikonsumsi oleh wanita hamil, tapi sebaik nya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi.

4. Penyebab Penyakit Jantung
Mengkonsi buah durian secara berlebihan juga memicu resiko penyakit jantung, bagi orang yang sudah mengidap penyakit jantung sebaik nyak nya tidak mengkonsumsi durian sebab efek dari buah durian akan memperburuk penyakit jantung. Efek dari penyakit jantung yaitu detak jantung penderitanya berdegup cenderung lebih cepat, kandungan kolesterol dan alkohol dalam buah durian memicu jantung berdetak lebih cepat lagi. Dan ini akan mengancam keselamatan penderita nya.

5. Bahaya Bagi Ginjal
Buah durian memiliki kandungan zat methanol, ethanol dan methacrylate dan juga senyawa sulfur/ belerang. Bagi pederita penyakit ginjal, semua zat tersebut sangat lah tidak baik. Sebab organ ginjal yang sudah sakit, sistem kerja organ ginjal tidak maximal dampaknya tidak bisa mengurai zat tersebut. Dan juga kandungan zat tersebut juga berpotensi memicu dapang nya penyakit ginjal, jikia dikonsumsi secara berlebihan.

6. Penyebab Kematian, jika Durian di Oplos dengan Alkohol
Buah durian memiliki kandungan alkohol jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol minuman keras, maka akan menghasilkan belerang atau sulfur. Sulfur yang masuk ke tubuh menybabkan menurunnya metabolisme dan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jika jumlah sulfur yang masuk kedalam tubuh sangat banyak, maka akan menyebabkan kematian pada seseorang.

7. Menyebabkan Penyempitan Pembuluh Darah
Penyebab penyempitan pembuluh darah didalam otak disebabkan oleh kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian. Jika sudah seperti ini oksigen akan kesulitan masuk ke otak, yang berakibat stroke bagi seseorang. Jika seseorang sudah mengidap stroke berat maka akan sangat susah untuk disembuhkan.

8. Menyebabkan Masalah Pencernaan
Mengkonsumsi buah durian tidak boleh bersamaan dengan minum kopi dan minuman yang mengandung alkohol. Kopi merupakan salah satu minuman pemicu tekanan darah. Selain kopi dan alkohol, mengkonsumsi buah durian bersamaan dengan minuman bersoda membuat seseorang akan terkena gangguan pencernaan. Resiko gangguan pencernaan jangka panjang, yang berakibat usus dan lambung terluka bahka sampai berlubang.

9. Menyebabkan Kematian Pada Penderita Hypertensi
Seseorag yang mengidap hypertensi biasa nya memiliki penyakit jantung dan komplikasi. Kandungan alkohol dalam buah durian memicu manaikkan tekanan darah pada pengidap hypertensi. Tensi darah seseorang jika berada di angka 200 akan membuat dirinya rentan terkena penyakit jantung. Jika penyakit jantung dan tekanan darah menyerang sevara bersamaan, bisa mengakibatkan kematian pada seseorang.

Kesimpulan : Buah durian memang memiliki kandungan gizi, dan memiliki rasa yang lezat. Boleh di konsumsi, tapi dengan syarat jangan terlalu berlebihan. Dan ingat jangan mengkonsumsi duria bersamaan dengan minuman yang seperti tersebut diatas.

Dibawah ini Adalah Tips Mengkonsumsi Buah Durian.
  1. Tidak mengkonsumsi secara berlebihan
  2. Setelah mengkonsumsi durian, minumlah air putih. Jangan minuman yang berwarna
  3. Setelah mengkonsumsi durian, isi rongga dengan air dan diam kan sebentar kemudian minum air nya. Ini berfungsi untuk menghilangkan bau mulut bekas durian dan mengontrol tekanan darah. Air nya bisa juga untuk mencuci tangan dari bekas memekan durian.
  4. Setelah mengkonsumsi durian, imbangi dengan mengkonsumsi sayuran. Ini berfungsi untuk menetralisir
  5. Setelah makan durian tidak mengkonsumsi daging berlemak tinggi.

Pengidap penyakit yang wajib menghindari durian
  1. Diabetes
  2. Ginjal
  3. Penyakit Jantung
  4. Tekanan Darah Tinggi
  5. Asam Urat
  6. Kencing Manis
  7. Radang Usus
  8. Kolesterol Tinggi
  9. Wanita Hamil ( tidak dilarang tapi porsinya tidak boleh berlebihan )

Demikian lah artikel tentang pengetahuan manfaat dan resiko tenteng buah durian, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi hidup sehat bagi anda. Sekian dan terima kasih.

Baca juga
Manfaat menakjubkan Buah-buahan yang ada di Indonesia 
Tips Terbaik Hidup Sehat dan Bugar Setiap Saat 

0 Response to "Manfaat Buah Durian, dan Beberapa Resiko Jika dikonsumsi Secara Berlebihan"

Posting Komentar