Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Terbukti Ampuh


Artikel ini akan membahas tentang komputer dan laptop yang kinerjanya semakin lambat/ lemot. Memiliki laptop yang kinerja nya lelet memang tidak mengenakkan, apalagi disaat kita sedang mengerjakan tugas kantor atau pun mengerjakan tugas sekolah. Sering kali kita memilih mengerjakan tugas kita ke warnet, yang kinerja komputer nya lebih responsible.

Untuk memperbaiki komputer yang lelet, sebenar nya sangat mudah. Cukup dengan melakukan perawatan rutin dan menghapus file yang tidak perlu. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan, ketika komputer atau laptop kita lelet.

1. Perbesar Kapasitas Harddisk dan RAM
Meningkatkan kapasitas RAM adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih cepat. Perhatikan pula harddisk anda, cek kapasitas nya. Jika sudah mendekati penuh, kami sarankan untuk menambah kapasitas harddisk anda.

2. Instal Antivirus
Pastikan komputer atau laptop anda sudah ter-instal antivirus. Virus menjadi penyebab terbesar menjadikan kinerja komputer menjadi lelet. Selain itu virus juga bisa merusak data/ file di komputer kita. Pilih antivirus yang tepat buat komputer anda, sebab ada jenis antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer atau laptop anda.  

3. Hapus File Yang ada di Recycle-Bin
File yang ada di recycle-bin bisa memperlambat kinerja laptop/komputer anda. Jadi sebaik nya hapus semua file yang ada di recycle-bin.  

4. Hapus Gadget Yang Tidak Penting
Gadget yang terpasang pada desktop mempengaruhi kinerja laptop/komputer menjadi lambat. Pilih gadget yang benar-benar tidak penting, kemudian hapus. Tapi jika laptop anda memiliki spesifikasi tinggi, gadget-gadget yang ada di desktop tidak akan mempengaruhi kecepatan kinerja laptop anda.  

5. Uninstall Program Yang Tidak Penting
Janga menginstal program yang tidak penting, sebab hanya akan membuang ruang yang ada di harddisk. Untuk uninstall program, anda bisa melakukan start – control panel – uninstall a program. Kemudian uninstall program yang tidak penting. 

6. Minimalkan Program Pada Startup
Salah satu faktor penyebab kinerja laptop/ komputer lelet adalah banyak nya program yang berjalan pada stratup. Sebaik nya program yang tidak penting di non-aktifkan, yaitu dengan cara : tombol Win+R> ketik msconfig > pilih startup kemudian un-check program yang akan anda non-aktifkan. Untuk lebih mudah, bisa juga menggunakan CCleaner untuk non-aktifkan program pada startup.


7. Gunakan Disk Clean Up
Aplikasi ini  berfungsi untuk menghapus file sementara pada setiap drive anda. Anda bisa memilih drive mana saja yang akan di bersihkan dari file sementara. Untuk menggunakan nya, yaitu dengan cara : klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih property kemudian pilih disk clean up.

8. Gunakan Disk Defragmenter
Fragmentasi pada data, menjadikan drive anda bekerja lebih keras, hal ini membuat kinerja laptop/ komputer menjadi lelet.  Saya saran kan anda menggunakan Disk Defragmenter, untuk menyusun kembali data yang terframentasi sebelum nya. cara menggunakan tool ini dengan cara : klik kanan drive yang akan anda defrag > pilih property > kemudian pilih Defragment now yang ada pada tab tools.
Demikianlah artikel tentang mempercepat kinerja komputer/ laptop yang bisa kami bagikan untuk saat ini, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih.

Jangan ketinggalan artikel lain, baca juga :
Cara Termudah Mendapatkan Uang dari Internet
Tips Menjaga Kesehatan Secara Alami Yang Wajib Anda Coba

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer Terbukti Ampuh"

Posting Komentar