Kandungan manfaat alami yang mengkudu, dan manfaatnya bagi tubuh


Buah mengkudu adalah buah asli dari Asia Tenggara, buah ini berbentuk lonjong dan ada bintik-bintik di permukaan kulit nya. Tapi kebanyakan orang tidak menyukai aroma nya. Di Indonesia buah mengkudu sering juga di gunakan untuk sayur, campuran rujak dan jus. Tapi kebanyakan orang di Indonesia tidak menyukai buah ini. Tapi alangkah baik nya jika mengetahui manfaat buah ini. Sebab didalam buah mengkudu memilikan kandungan zat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut adalah Kandungan Zat dan Nutrisi Yang Terdapat dalam Buah Mengkudu yang Baik Untuk Kesehatan

1. Zat Terpenoid
Kandungan zat terpenoid pada buah mengkudu, berfungsi membantu proses  sitesis organic yang berguna untuk pemuliha sel-sel dalam tubuh

2. Nutrisi
Buah mengkudu memiliki kandungan Protein, vitamin dan mineral. Anti-oksidan yang bernama selenium yang terdapat dalam mengkudu adalah jenis anti-oksidan yang hebat.

3. Zat anti bakteri ( seperti protens morganii dan bacillus subtilis )
Zat tersebut berfungsi membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, manfaat buah mengkudu yaitu mengontrol bakteri mematikan seperti phatogen. Berikut ini bakteri yang bisa di bunuh oleh mengkudu.
  • E colli
  • Bacillus subtilis
  • Pseudomonas aeruginosa
  • Salmonella
  • Protens morganii
  • S. typhi
4. Zat anti Kanker
Kandungan zat anti kanker dalam buah mengkudu sangat efektif  melawan sel-sel abnormal, yang menyebabkan timbulnya kanker pada tubuh.

5. Nutrisi
Buah mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi didalam nya. Secara umum buah ini memiliki kandungan nutrisi yag sngat lengkap, diantara nya :
  • Protein
  • Vitamin
  • Mineral, yang terdapat di buah dan daun nya
  • Selenium mineral yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang tinggi
  • Berbagai macam senyawa aktif diantaranya alizarin, lycine, sosium, dan magnesium
6. Serat
Buah mengkudu kaya akan kandungan serat, yang sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh.

7. Metil aselin, marindone dan asam kaptil
Buah mengkudu tidak hanya berfungsi untuk mengobati dan menangkal berbagai macam penyakit, tetapi dengan adanya kandungan Metil aselin, marindone dan asam kaptil buah ini memiliki khasiat lain. Yaitu untuk meningkatkan kekuatan tulang kita, dan jika rutin mengkonsumsi jus buah mengkudu akan mencegah osteoporosis.

Demikian lah artikel tentang beberapa manfaat buah mengkudu, semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa jadi referensi pola hidup sehat anda. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Baca juga :
Manfaat luar biasa buah-buahan yang ada di Indonesia
Manfaat menakjubkan air putih bagi kesehatan tubuh
Tips agar hidup senantiasa sehat bugar setiap saat

0 Response to "Kandungan manfaat alami yang mengkudu, dan manfaatnya bagi tubuh"

Posting Komentar