Beberapa Manfaat Luar Biasa Jambu Biji Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Jambu Biji
Jambu biji merupakan merupakan salah satu jenis buah yang mudah di jumpai di wilayah berilkim tropis, di wilayah Asia termasuk di Indonesia. Buah jambu biji kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam 1 biji buah jambu biji adalah 275 g, dapat memnuhi kebutuhan Vitamin C dua orang anak pada usia 10 – 20 tahun.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Jambu Biji
  • Vitamin A, yang penting untuk menjaga selaput lendir supaya sehat dan kuat.Folat (30%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf
  • Kalium : kandungan kalium ini sama seperti yang ada pada buah pisang yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung.
  • Flafonoid termasuk betakaroten 
  • Lycopene yang terkandung dalam jambu biji terbukti untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan mencegah kanker prostat. 
  • Lutein dan criptoxanthin, kedua nya adalah anti-oksidan 
  • Vitamin E dan K 
  • Vitamin C 
  • Mineral maghnesium 
  • Niasin 
Berikut ini adalah Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh
1. Mengatasi Diabetes
Tingginya kandungan serat dalam jambu biji berfungsi membantu sistem penyerapan oleh tubuh, yang memungkinkan menurunkan glukosa dan insulin dalam tubuh.

2. Mengurangi Hipertensi
Manfaat jambu biji salah satu nya mencegah penebalan darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Jambu biji juga berfungsi mengurangi kolesterol dalam darah. Jambu biji kaya akan serat sehingga efektif  membantu menurunkan tekanan darah dan membantu kerja jantung dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

3. Sebagai Obat Batuk dan Demam
Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, yang ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Dan juga bermanfaat mengurangi lendir saat batuk, yaitu dengan cara meminum jus jambu dan meminum rebusan air daun jambu.

4. Menguatkan Fungsi Penglihatan
Jambu biji memiliki kandungan vitamin A, seperti kandungan vit A yang terdapat dalam wortel. Hal ini dapat membantu menghambat munculnya katarak, dan penyakit mata lainnya. Tidak hanya mencegah penurunan kualitas pandangan mata, tapi juga menstabilkan penglihatan dimasa-masa penurunan kemampuan mata.

5. Menyehatkan Tiroid
Didalam buah jambu biji terdapat kandungan zat tembaga, yang merupakan zat terpenting untuk mengatur metabolisme tiroid dan berfungsi mengontrol produki hormon dan penyerapan.

6. Mengatasi Diare
Kandungan senyawa astringents yang terdapat dalam buah jambu, berfungi sebagai perlindungan dari diare. Selain itu, nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah jambu biji seperti vitamin C, kalium, dan beta karoten berfungsi memperkuat sistem pencernaan.

7. Merawat Kesehatan Kulit
Jambu biji yang telah masak, memiliki kandungan astringents lebih banyak, termsuk pada daun nya. Kandungan ini dapat membantu mengencangkan daerah kulit. Selain astrigents, jambu biji juga memiliki kandungan Vitamin A, B, C dan potasim yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang sangat baik untuk detiksifikasi. Yaitu dengan mengkonsumsi buahnya secara rutin. Maka akan anda dapatkan hasil kulit yang sehat dan kulit akan terlindung dari kerutan dan penyakit kulit lainnya.

8. Sebagai Referensi Menu Diet
Jambu biji kaya akan kandungan serat, sehingga mampu menahan makanan dalam lambung. Jadi mengkonsumsi jambu biji saat jam makan siang, kita tidak akan terasa lapar sampai malam hari. Kandungan lain yaitu protein, mineral dan vitamin membuat perut terasa kenyang tanpa karbohidrat dan kolesterol.

Demikianlah Artikel Tentang Manfaat Alami Buah Jambu biji Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi buat anda untuk pola hidup sehat. Sekian dan Terima kasih.
Read more :
manfaat alami buah-buahan untuk kesehatan tubuh
tips kesehatan tubuh, agar bugar dan segar sepanjang hari

0 Response to "Beberapa Manfaat Luar Biasa Jambu Biji Untuk Kesehatan"

Posting Komentar