Contoh Pertanyaan dan Jawaban Pada Waktu Interview Kerja


Dunia Kerja
Interview kerja adalah salah satu tahapan yang harus di lewati oleh para pencari kerja atau pun yang memperpanjang kontrak kerja. Tahapan ini membuat para calon karyawan grogi, takut dan deg – deg an dalam melewatinya, terutama mereka yang baru lulus sekolah dan baru masuk ke dunia kerja.
Salah satu strategi supaya kita berhasil melewati tahapan interview kerja, adalah mempelajari beberapa pertanyaan yang sering di ajukan waktu interview kerja. Sebab didalam tahapan ini menjadi salah satu faktor diterima atau tidak nya seseorang bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan interview kerja, yang dapat anda pelajari sebelum menghadapi interview kerja yang sesungguh nya.


A. Pertanyaan Data Pribadi 
Pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh pewawancara untuk membuka percakapan dengan si pelamar kerja. Meski hanya pertanyaan yang sifat nya menyapa anda harus menjawab dengan antusias, tenang dan tegas. Sebab jika di awal anda sudah tenang dan lancar dalam menjawab pertanyaan nya, maka ke depan nya akan lancar.
 

1. Ceritakan Tentang Diri Anda ?
Jawaban : Nama saya Aris Mananta, saya lulusan SMKN Kediri Jurusan Otomotif

2. Mengapa Anda Memilih Jurusan Otomotif  ? 
Jawaban : Saya sudah hobi dengan otomotif sejak kecil, sebab orang tua saya punya bengkel. Dan saya tiap hari membantu orang tua dibengkel. Untuk menambah ilmu, saya pilih jurusan otomotif.

3. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami ?
Jawaban : Dengan bekal pendidikan yang saya miliki, kami ingin berkontribusi bagi kemajuan perusahaan bapak. Sebab bagi saya pekerjaan bukan hanya semata – mata mencari uang.

B. Pertanyaan Tentang Pengalaman
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas anda pada perusahaan, bagaimana cara anda bekerja, dan bagaimana sikap anda dalam menghadapi permasalahan didalam pekerjaan.

1. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda ? 
Jawaban : Saya memiliki sifat jujur, amanah, pekerja keras dan cepat belajar. Tapi saya memiliki kekurangan suka telat bangun pagi. Tapi saya akan berusaha keras untuk memperbaiki kekurangan saya tersebut.

2. Apa Anda Bisa Bekerjasama Dengan Baik ?
Jawaban : ‘’Ya bisa’’. Saya pernah bekerja dibengkel, dan disana ada beberapa karyawan. Dan disitu ketika ada pekerjaan yang belum terselesaikan atau sulit, kami disitu saling membantu satu sama lain. Yang penting pekerjaa cepat terselesaikan dan cotumer merasa puas dengan kinerja bengkel kami.

3. Bisakah anda bekerja di bawah tekanan ?
Jawaban :’’Bisa’’.Dengan pengalaman saya bekerja di bengkel, yang disitu terkadang banyak tekanan dari rekan karja ataupun costumer. Dari kondisi tersebut saya bisa melewatinya dengan baik.

4. Bagaimana Sikap Anda Terhadap kritikan yang Ditujukan Pada anda ?
Jawaban : Jika kritikan tersebut baik dan membangun, saya akan terima kritikan tersebut dengan baik. Demi kemajuan perusahaan.

5. Bagaimana sikap anda, ketika didalam pekerjaan anda menghadapi masalah besar ?
Jawaban : Saya akan berusaha menyelesaikan masalah saya tersebut, dengan cara mencari akar masalah nya. Sehingga mendapatkan solusi tentang jalan keluar dari masalah saya tersebut.

6. Apakah Anda Pernah Bolos Sekolah ?
Jawaban : ‘’Tidak Pernah’’.Jika situasi mengharuskan saya untuk tidak masuk sekolah, maka saya akan mengirim surat izin ke sekolah.

7. Apakah Anda Bersedia Kerja Lembur ?
Jawaban : Ya, saya bersedia.

8. Apa Rencana Anda 5 tahun Kedepan Untuk perusahaan kami ?
Jawaban : Jika saya bisa diterima bekerja di perusahaan ini, saya akan bekerja maksimal dan sebaik mungkin Untuk kemajuan perusahaan ini. Untuk 5 tahun kedepan saya ingin berprestasi di perusahaan ini dan ingin menjadi kepala bagian.

9. Sebaik apa anda mengenal perusahaan kami ?
Jawaban : Saya sudah sangat mengenal perusahaan ini, sebab teman sekolah saya banyak yang memakai produk dari sini. dan saya juga sering mencari tahu tentang perusahaan bapak di internet.

10. Apakah anda siap menerima tanggung jawab besar ?
Jawaban : “Ya siap”.unruk kemajuan perusahaan ini, saya akan menerima segala tanggung jawab yang dibebankan kepada saya.

11.Apa anda bersedia di tempatkan di luar kota ?
Jawaban : “Ya saya siap”.saya akan mengikuti semua aturan perusahaan, termasuk aturan penempatan karyawan diluar kota.  

C. Pertanyaan Tentang Gaji 
Biasa nya ini pertanyaan terakhir kali. Dan jumlah pertanyaannya tidak sebanyak pertanyaan tentang pengalaman. Inilah tips menjawab pertanyaan tentang gaji dan  negosisi gaji yang baik. 

1. Untuk ukuran pemula, berapa gaji yang anda inginkan ?
Jawaban : Saya berharap bisa mendapat gaji 6juta.


Kalau anda menginginkan 6juta/ bulan, kami tidak dapat memenuhi permintaan anda. Seberapa banyak anda bisa menurunkan permintaan gaji tersebut.  
Jawaban : Bagaiman kalau 5 juta.

Semoga artikel ini dapat  memberikan wawasan pengetahuan bagi anda, supaya anda bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi dalam menghadapi test interview kerja. Jawaban diatas tadi hanyalah contoh bagi anda. Anda bisa mempelajari dan mengubahnya sesuai data pribadi anda sendiri.
Selamat mencoba dan semoga sukses. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga
Cara Terbaik dan Termudah Mendapatkan Uang Dari Internet, baca disini ..
Manfaat Menakjubkan Buah – buahan Yang Tumbuh Subur di Indonesia

2 Responses to "Contoh Pertanyaan dan Jawaban Pada Waktu Interview Kerja"

  1. trimakasih dari ukm https://tokokacaalmuniumtermurahsejabotabek.com https://tokokacaaluminiummurahjakarta.com www.tokokacajokja.com www.tokokacaaluminiummurahbekasi.com www.tokokacaaluminiummurahdepok.com

    BalasHapus
  2. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    BalasHapus