Beberapa Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Otak Secara Alami


Otak adalah salah satu organ yang penting bagi manusia, otak menjadi pusat kontrol dalam semua sistem saraf dalam tubuh manusia. Otak mengkoordinir  gerakan, tekanan darah, detak jantung, keseimbangan cairan tubuh dan tingkat suhu tubuh. Otak manusia memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atauneron.

Otak lah yang bertanggung jawab semua sistem dalam tubuh manusia dan pemikiran manusia, oleh karena itu otak dan pemikiran sangat berkaitan. Otak juga berfungsi sebagai pengenalan, emosi, dan ingatan dalam segala hal pembelajaran lainnya. Otak manusia akan selalu terjaga kesehatan nya dengan baik apabila kita senantiasa menjaga kesehatnnya.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Otak

1. Hindari Berfikir Terlalu Keras
Karena akan berdampak buruk pada kesehatan otak kita, yang akibat nya seseorang akan timbul rasa depresi dan stress. Apabila sudah terlalu banyak berfikir, alangkah baik nya kita meRefresh otak kita. Bisa dengan cara ke tempat wisata atau pun menyalurkan hobi.


2. Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup kurang lebih tidur 8 jam setiap hari nya, dengan kita istitahat, maka otak kita pun juga akan istirahat sehingga ketika kia bangun otak akan kembali fresh dan kita bisa berfikir secara optimal lagi.


3. Jauhi Mengkonsumsi Rokok dan Obat – obatan Terlarang
Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi obat terlarang sangat beresiko menurunkan fungsi otak, karena keduanya memiliki kandungan yang dapat merusak saraf otak.


4. Hindari Benturan
Benturan dapat mengakibatkan fungsi otak terganggu, sebab didalam otak terdapat jutaan saraf yang sangat sensitif dan rentan terhadap benturan.


5. Memberi Asupan Makanan Yang Baik Untuk Otak
Lebih dari setengah otak manusia terdiri dari lemak, oleh sebab itu lemak sangat dibutuhkan oleh otak untuk meningkatkan fungsi otak. Lemak seperti omega 3 yang berfungsi sebagai kognitif otak, omkega 3 banyak ditemukan pada ikan salmon. Konsumsilah makanan seperti apel, jus anggur, blueberry, serta sayuran seperti brokoli dan kembang kol.


6. Olahraga
Olahraga tidak harus berat dan mahal, contoh nya bisa dengan jogging, aktifitas jogging dapat merangsang kinerja otak atau jalan santai selama beberapa menit dapat berakibat tumbuh nya ratusan ribu sel – sel baru yang berefek pada pembentukan ingatan.

Demikian lah beberapa tips menjaga kesehatan otak, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi bagi anda. Cukup sekian dan terima kasih. Selamat mencoba !!!

Read more :
Menjaga tubuh agar sehat dan bugar setiap saat
Manfaat air putih bagi tubuh manusia

0 Response to "Beberapa Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Otak Secara Alami"

Posting Komentar