Manfaat Alami Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat berjemur di pagi hari
Sinar matahari adalah karunia yang sangat di butuh kan untuk kelangsungan hidup semua mahluk di bumi. Matahari menjaga bumi agar tetap hangat dan mecegah dari kebekuan. Berjemur di pagi hari sebelum jam 10.00 dibawah paparan sinar matahari selama 20 - 30 menit sangat baik untuk kesehatn tubuh, sinar matahari akan merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Tapi jika tubuh terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari menyebabkan kulit terbakar dan memicu penyakit lainya seperti kanker dan katarak.
Meski demikian, jika sinar matahari di manfaat kan dengan secukupnya dan pada waktu yang tepat. Manfaat sinar matahari akan lebih terasa pada tubuh kita.

Berikut Ini Adalah Beberapa Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan.

1. Vitamin D
Sinar matahari yang paling baik adalah sebelum jam 10 pagi.  Jadi berjemur 20 – 30 menit sebelum jam 10 pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi hari merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada seluruh tubuh selama kurang lebih 20 menit memberikan kebutuhan vitamin D bagi tubuh. Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium di usus dan mengalirkan kalsium melewati membran sel, sehingga menguatkan tulang. vitamin D juga berfungsi mencegah kanker ( seperti kanker paru – paru dan kulit ).

2. Mencegah Diabetes
Kandungan vitamin D  yang terdapat pada sinar matahari berfungsi mencegah Diabetes dan menurunkan kadar gula darah dengan menyimpan kadar gula di dalam hati dan di otot. Yaitu dengan paparan sinar matahari di bawah jam 10 pagi secukupnya, 20 – 30 menit.

3. Menguatkan Kekebalan Tubuh
Hal ini di karenakan ketika tubuh terkena paparan sinar matahari, tubuh menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak yang berfungsi menangkal berbagai macam  penyakit akibat jamur, bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

4. Memperbaiki Pencernaan
Sinar matahari berfungsi memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dan obat terbaik meningkatkan nafsu makan.

5. Menyehatkan Kulit
Berjemur di bawah paparan sinar matahari sebelum jam 10 pagi,  berfungsi untuk memperbaiki kulit kronis seperti kulit berjerawat, kering, dan eksim. Paparan sinr matahari di jam tersebut juga berfungsi menurunkan manivestasi  yang disebabkan oleh bekas luka, dan ketidak sempurnaan kulit lainya

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Paparan sinar matahari berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembulu darah di kulit. dengan demikian oksigen dan nutrisi lebih banyak di bawa menuju sel – sel pada waktu pembuluh darah kapiler terbuka, dan hasilnya tubuh pun menjadi sehat.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur
Paparan sinar matahari, produksi melatonin dalam tubuh pun meningkat.  Melatonin adalah suatu hormon yang di produksi oleh kelenjar pinea,  yaitu organ tubuh yang berukuran sangat kecil yang berada di dasar otak. Melatonin sangat di butuhkan untuk tidur dengan kualitas baik.

8. Turunkan Resiko Kanker
Sintesis vitamin D yang di sebabkan sinar matahari,  berfungsi menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker ovarium, kanker prostat, dan kanker payudara. Tapi jngan terlalu lama di bawah paparan sinar matahari sebab bisa memicu terkena kanker kulit.

9. Detoksifikasi Tubuh 
Berjemur di bawah paparan sinar matahari beerfungsi menghilangkan racun dalam tubuh dan memperbaiki fungsi hati. Selain itu sinar matahari berfungsi meningkatkan sirkulasi darah sehingga racun bisa mati lebih efisien melalui darah.

10. Atasi Depresi
Sinar matahari memiliki kandungan endorfin/ zat anti- depresan, yang berfungsi mengurangi dan menghilangkan gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin.

Demikianlah artikel tentang 10 manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh, tapi yang perlu di ingat dan di hati- hati terlalu lama terkena paparan sinar matahari beresiko katarak dan kanker kulit. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pola hidup sehat anda. Sekian dan terimakasih.

Jangan Ketinggalan, Baca Juga :
Manfaat Luar Biasa Air Putih Untuk Sehat Alami
Manfaat Menakjubkan Buah-buahan Indonesia 

0 Response to "Manfaat Alami Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar